5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Rumah

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Rumah

Seperti yang kita ketahui bersama, investasi properti mulai banyak menjamur dan dilirik oleh masyarakat luas. Rumah merupakan salah satu aset properti investasi yang paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan terus meningkatnya jumlah penduduk dan tingginya permintaan tempat tinggal. 

Seperti barang lainnya, rumah memiliki harga jual rumah yang perlu dipertimbangkan. Harga dan nilai rumah kerap menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih sebuah hunian yang nyaman.

Misalnya, harga rumah yang tidak begitu besar namun terletak di wilayah yang strategis akan berbeda dengan harga rumah yang luas namun terletak di wilayah yang sulit dilewati kendaraan. Biasanya, harga sebuah properti akan mencerminkan kualitas properti tersebut. 

Developer sering menyebutkan jika lokasi rumah dijadikan sebagai penentu nilai rumah. Namun selain lokasi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai jual rumah. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Rumah

Ada banyak faktor yang mendasari seseorang melakukan transaksi jual beli rumah. Misalnya, membutuhkan rumah hunian yang lebih besar, pindah tempat kerja, atau sekedar ingin mencari suasana baru. Sebelum melakukan transaksi jual beli rumah, Anda perlu mengetahui nilai dari sebuah rumah yang menentukan harga jual rumah tersebut. 

Selain mengikuti perkembangan harga jual beli rumah di wilayah sekitar lokasi, Anda juga perlu membandingkan harga pasaran yang sedang berlaku. Hal ini dilakukan untuk mengetahui harga jual yang sesuai dengan nilai rumah dan masuk harga pasaran. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai sebuah rumah, beberapa di antaranya adalah

Lokasi Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi merupakan faktor utama yang mempengaruhi nilai dan harga jual rumah. Lokasi meliputi lingkungan di sekitar rumah secara fisik maupun sosial. 

Faktor penentu harga dari segi fisik yakni faktor landscape, vegetasi, temperatur udara, kualitas air, hingga suasana sekitar rumah. Sedangkan faktor sosial yang mempengaruhi harga yakni tingkat hidup dan sikap warga sekitar lokasi. 

Aksesibilitas Rumah

Faktor yang mempengaruhi harga jual rumah selanjutnya adalah akses rumah ke pusat kegiatan atau keramaian. Bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi, faktor ini dijadikan sebagai penentu utama dalam memilih sebuah hunian. 

Rumah yang memiliki akses mudah ke pusat keramaian, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, serta jalan tol memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding rumah yang jauh dari pusat keramaian.

Kondisi Fisik Rumah

Kondisi fisik rumah menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan harga jual rumah karena semua konsumen ingin memiliki hunian yang aman dan nyaman. Rumah dengan tipe baru akan lebih banyak diminati dibanding rumah tipe lama. Sama halnya dengan usia bangunan, semakin tua usia rumah, maka peminatnya akan semakin sedikit.

Harga Properti di Sekitar Lokasi Rumah

Faktor lain yang menentukan harga jual rumah yakni harga properti di sekitar lokasi rumah. Hal ini karena harga rumah cenderung mengikuti harga properti lain yang sudah terjual lebih dulu di sekitar lokasi rumah. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset pasar harga di wilayah sekitar rumah yang akan dijual.

Kelengkapan Surat

Sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli rumah, pastikan legalitas rumah sudah aman dan melengkapi semua surat-surat berharga seperti IMB, Akta Jual Beli (AJB), serta Sertifikat Hak Milik. Surat-surat ini akan mempengaruhi nilai dan harga jual rumah. 

Itulah beberapa faktor penentu harga jual rumah yang perlu Anda ketahui. Sebelum melakukan transaksi jual beli rumah, pastikan Anda sudah mengetahui nilai dan harga rumah yang sesuai dengan kondisi dan masuk harga pasar. Apabila Anda tidak ingin direpotkan oleh hal tersebut, Anda dapat melakukan sewa terhadap aset hunian yang ada di AESIA. Yuk penuhi kebutuhanmu melalui platform AESIA.

sumber: https://aesia.kemenkeu.go.id/berita-properti/properti/5-faktor-yang-mempengaruhi-harga-jual-rumah-98.html